cara menanam tanaman melon menggunakan polybag

 cara menanam tanaman melon menggunakan polybag. Buah melon masih sama dengan buah semangka atau pun juga jenis labu. Melon mempunyai rasa yang manis dan segar biasanya digunakan sebagai hidangan pencuci mulut atau pun juga jus segar untuk menghilangkan haus. salah satu keistimewaan melon ini adalah memiliki nilai ekonomis yang tinggi. 

Selain itu cara menanam melon juga sangat mudah dan tidak harus di tanah yang luas cukup dengan bermodal polybag saja anda sudah bisa memiliki kebun melon sendiri. Tanaman melon ini sendiri termasuk dalam tanaman semusim yang memiliki karakteristik menjalar dengan daun yang berbentuk menjari dan memiliki batang membelit serta beralur kasar.

cara menanam tanaman melon menggunakan polybag

 

Kalau anda memiliki sedikit waktu luang. lahan untuk meletakkan polybag serta hoby bercocok tanam maka anda bisa mencoba budidaya tanaman melon sendiri dengan menggunakan polybag. Saya akan memberikan panduan bagaimana cara menanam melon menggunakan polybag. Caranya sangat mudah hanya mengikuti step by step nya..

1. syarat tumbuh melon

Untuk hasil budidayanya, karena memiliki nilai ekonomis tinggi melon juga bisa Anda jual untuk mendapatkan keuntungan ataupun juga  bisa Anda konsumsi sendiri. Ada beberapa tahapan yang harus Anda perhatikan saat akan menanam melon menggunaan polybag.

Supaya melon dapat tumbuh dengan baik dan sehat, sebelumnya ada beberapa syarat tumbuh yang harus dipenuhi terlebih dahulu. Syarat tumbuh ini sebenarnya bersifat wajib, karena kalau salah satu syarat ini tidak bisa terpenuhi maka pertumbuhan melon tidak akan tumbuh optimal.

-Pertumbuhan melon akan sangat optimal pada ketinggian 250-800 meter dari permukaan laut

-Iklim hujan antara 1.500 – 2.500 mm/tahun

-Kelebaban udara 50-70%

-Tanah yang digunakan adalah andosol atau tanah liat berpasir dengan kandungan organik tinggi

2. Mempersiapkan Alat dan Bahan

Untuk cara menanam melon di dalam polybag ataupun dalam pot sebenarnya tidak susah. Tidak membutuhkan lahan yang luas, hanya lahan secukupnya untuk meletakkan polibag ataupun pot yang berisi tanaman melon. Untuk dapat memulai Anda membutuhkan beberapa persiapan peralatan dan bahan sebagai berikutL

*Polybag ukuran sedang 40 x 50cm atau 37 x 40cm

*Lahan pekarangan, bersihkan supaya sanitasi tetap bersih

*Lanjaran sepanjang 1,5cm – 2cm untuk ditancapkan pada media tanam

*Peralatan lain seperti pisau potong, gunting, tali dan paku 2 inc.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

mengenal tanaman melon