Cara memilih bibit melon berkualitas

 Cara memilih bibit melon berkualitas. buah dengan berbentuk bulat dan berwarna hijau dengan kulit buah yang tebal ini menjadi salah satu buah favorit masyarakat indonesia. buah dengan rasa manis dan menyegarkan ini banyak tumbuh dengan subur ditanah air. 


Untuk membudidayakan sendiri melon cocok ditanam di dataran rendah dengan ketinggian maksimal 200 sampai 900 m dpl. untuk kecambah nya, benih melon membutuhkan suhu  antara 25 sampai 35 derajat dan suhu pertumbuhan tanaman sekitar 25 sampai 30 derajat. tanaman melon membutuhkan suhu udara yang panas, kekurangan sinar matahari bisa membuat rasa melon menjadi kurang manis. 

Bagi anda yang tertarik dengan membudidayakan melon , hal pertama yang harus dilakukan yaitu memilih benih melon yang berkualitas. Dianjurkan menggunakan benih hidrida dengan tingkat kemurnian 95% , daya kecambah minimal 80%, bebas biji gulma,belum kadaluarsa, tidak cacat, benih harus sehat, dan yang paling penting bebas dari hama dan penyakit. 

Cara memilih bibit melon berkualitas


Jika anda mencari benih di pasaran pun, kebanyakan merupakan benih hidrida yang hanya bisa dipakai satu kali penanam. jika biji dari buah melon ditanam lagi, kualitas nya akan menurun. untuk mulai menanam melon, dilakukan langkah berikut. rendam benih dengan air hangat kuku dengan suhu lebih kurang 40 derajat. 

Untuk mulai menanam melon, lakukan langkah berikut. Rendam benih dengan air hangat kuku (suhu ± 40 °C) dan dicampur pestisida (nabati, agen hayati, kimia) sesuai kondisi lapangan dan dosis anjuran selama 4—6 jam sebelum disemai. Untuk benih yang sudah diberi perlakuan pestisida, tidak perlu dicampur pestisida saat direndam air. Benih kemudian ditiriskan dan diletakkan di atas kertas koran basah selama 1 hari 2 malam (selama 36 jam) pada suhu 25—30 °C. Atau, bisa juga dibungkus dengan kain basah semalaman untuk mempercepat pemecahan dormansi.

Langkah selanjutnya yang harus dilakukan oleh pembudidaya adalah benih ditanam ke dalam media semai pada kedalaman 2 cm dengan bagian benih yang runcing berada di bawah. Media semai sebaiknya dalam keadaan basah, berupa tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan 1 : 2.

sekian dan terima kasih sudah membaca dan berkunjung Cara memilih bibit melon berkualitas

Komentar

Postingan populer dari blog ini

mengenal tanaman melon